Jumat, 09 Januari 2015

Terkini Wisata Belanja Di Jepara



Pusat Tenun Ikat Troso
Wisata Jepara di Desa Troso, Kecamatan Pecangaan, Kudus.Di tengah semakin beragamnya produksi tekstil oleh industri modern dengan aneka bahan, kain yang dibentuk secara hand made ternyata masih laris hingga hari ini. Tentu ada nilai lebih hingga mengakibatkan tenun masih terus dicari para penggemarnya.
Di Kabupaten Jepara terdapat sentra industri kerajinan tenun ikat yang namanya mengambil nama desa tempat pusat ini berada. Namanya tenun troso. Disebut troso alasannya ialah pengrajinnya membuka bisnis di Desa Troso. Sudah puluhan tahun industri kerajinan ini beroperasi, dengan mengalami masa pasang-surut lazimnya sebuah entitas bisnis.
Pada kurun 1980-an, rocker (almarhum) Gito Rollies menyelipkan kata lurik pada lirik lagu. Penyelipan kata lurik, yang menjadi salah satu model tenun buatan pengrajin Troso, menerangkan keterkenalan tenun ikat ini kala itu. Di kalan itu memang ada kewajiban PNS di Jawa Tengah mengenakan pakaian motif lurik.

Pusat Kerajinan Monel
Wisata Pusat Kerajinan Monel ini terletak di Desa Kriyan, Kecamatan Kalinyamatan. Desa ini ialah sebagai pusat kerajinan monel/baja putih terbesar di Jawa Tengah. Masyarakat desa ini lebih banyak didominasi mata pencahariannya ialah sebagai pengrajin dan pedagang monel, walaupun sebagian kecil ada yang bermata pencarian yang lain.
Kerajinan monel/baja putih ialah bentuk suplemen yang sangat indah, mulai dari bentuk cincin, kalung, gelang atau bentuk dan model yang lain dengan harga yang cukup terjangkau, sehingga layak untuk dijadikan oleh-oleh atau oleh-oleh dari kota ukir nan indah.
Selain monelnya desa Kriyan juga populer dengan olahan ikan asapnya, yang biasa di jual hingga ke luar kota Jepara . Salah satu masakan khas desa kriyan ialah “mangut” yang populer lezat di wilayah Semarang dan sekitarnya. Sayur mangut ialah bentuk masakan yang materi dasarnya ialah ikan asap atau biasa dikenal dengan ikan panggang. Pas banget untuk dicoba sehabis lelah jalan-jalan menelusuri pantai-pantai nan indah di Jepara.

Pasar Apung
Pasar Apung di Kelurahan Demaan, Kecamatan Jepara, tidak menyediakan banyak sekali ikan hasil tangkapan nelayan. Bangunan pasar yang berlokasi di kawasan bantaran muara Sungai Demaan, 50 meter ke arah barat Tamami Jaya tersebut, hanya menjual kebutuhan masyarakat sehari-hari, nelayan tidak menjual hasil tangkapan pribadi ke pasar. Nelayan menjual banyak sekali jenis ikan hasil tangkapan ke TPI. Hal itu sesuai peraturan yang diterapkan pemkab setempat. Saat pagi hari, daerah tersebut dipadati pedagang  yang menjajakan bermacam-macam kebutuhan nelayan yang bersandar, lalu siang biasanya dimanfaatkan untuk tempat istirahat. Ketika sore menjelang, suasana semakin ramai, alasannya ialah tidak sedikit warga dan wisatawan bersantai sambil menyaksikan matahari terbenam, seeta malam hingga dinihari banyak orang memancing ikan

Pasar Karangrandu (Pasar Jajanan khas Jepara)
Pasar Sore Desa Karangrandu kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara yang berlokasi di Jalan Raya Pecangaan-Kedung ketika ini menjadi pusat masakan atau jajanan tradisional ala Jepara. Menjelang sholat asar lapak-lapak yang sepi itu mulai ramai dengan datangnya para penjual jajanan khas Jepara untuk kuliner ada gethuk lindri, horog-horog,gethuk kicak, hoyog-hoyog , klepon ketan, bubur, gemblong, klenyem dan masih banyak yang lainnya. Untuk lauk pauk dan sayuran ada pecel kangkung , pecel rumpul laut, bothok petet, pepes ikan, sate keong dan banyak sekali macam gorengan lainnya. Untuk minumannya ada es cendol, es gempol pleret , es kacang ijo , es ketan ireng dan masih banyak lagi pilihan lainnya. Karena komplitnya kuliner khas jepara inilah mengakibatkan pasar sore desa Karangrandu ini menjadi salah satu daerah tujuan untuk JJS ( Jalan-jalan sore ) warga kecamatan Pecangaan dan sekitarnya

Pasar Ngabul (Pasar Durian)
Ciri khas Pasar Duren Ngabul ialah buah durian jenis petruk. Durian Petruk, yang juga menjadi tumbuhan khas Kabupaten Jepara, memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya. Menurut tuturan para penikmat durian. Durian Petruk memiliki rasa yang cukup unik, selain daging buah yang tebal, rasa bagus yang pas dicampur rasa kepahit-pahitan menjadi ciri khas Durian Petruk sehingga sanggup menempel di benak penikmatnya. Durian Petruk banyak dicari oleh para penggemarnya, bahkan banyak penikmat dari luar kota secara khusus tiba ke Jepara untuk menikmati durian tersebut.
Untuk menjangkau Pasar Duren Ngabul sendiri pun tidaklah sulit. Berada di jalur utama Kota Jepara, hanya sekitar 8 km dari pusat kota. Atau jika dari arah Semarang berada di kiri jalan, sebelum Bundaran Ngabul, pasar yang bercirikan Tugu Durian. Bagi para pecinta buah durian, isu terkini duren ialah waktu yang sempurna untuk memanjakan lidah.

Saudara Swalayan
Saudara Swalayan atau lebih dikenal dengan nama "Sodara" ialah pusat perbelanjaan yang di berdiri di dua tempat yaitu di desa Ngabul kec.Tahunan dan di kel. Jobokuto Jepara kota. Pusat perbelanjaan ini ialah salah satu pusat perbelanjaan termodern di Kabupaten Jepara
Saudara Swalayan 1: Jl. Veteran 14 Jepara 59417 Kelurahan Jobokuto Jepara kota.
Saudara Swalayan 2: Jl. Ngabul-Tahunan Desa Ngabul (Depan POM Bensin Ngabul)

Jepara Trade and Tourism Center (JTTC)
Jepara Trade and Tourism Center (disebut juga JTTC) ialah pusat perbelanjaan utama di Jepara. Mal ini didirikan oleh Pemerintah Kabupaten Jepara pada tahun 2003. Pada tahun 2008, JTTC  berkonsep arts mall dengan nama JTTC Arts Mall. Mal ini terdiri dari 2 lantai dengan penyewa-penyewa ialah orisinil warga dari Jepara, yang menjual dan menunjukkan produk-produk orisinil Jepara baik berupa kuliner oleh-oleh khas Jepara, mebel, Tenun ikat Troso, batik Jepara, paket wisata, dll.
Jepara Trade and Tourism Center terdapat di Jalan Raya Jepara-Kudus KM 11,5 desa Rengging, kecamatan Pecangaan, kabupaten Jepara.

Shopping Centre Jepara (SCJ)
Shopping Center Jepara merupakan rintisan dari pasar sore Karetan Jaya, letaknya sebelah utara Alun-alun, sempurna di belakang Museum Kartini. Bangunannya terdiri dari 2 lantai yang tampak megah dari pada bangunan di sekitarnya. Intinya tempat ini ialah pusatnya perdagangan dan perbelanjaan di Jepara. Bagi pecinta seafood sanggup berjalan ke sebuah pelataran di sebelah barat SCJ. Yang unik dari daerah masakan ini ialah Tenda putih besar yang ujungnya menjulang tinggi di atas pelataran yang berada ditengah-tengah jalan raya. Tenda ini berfungsi sebagai peneduh, pedagang masakan berjualan dipinggir tenda sedangkan ditengah-tengahnya dibentuk area lesehan untuk penikmat kuliner, kesudahannya sederhana tapi menarik.
Seafood yang paling populer ialah olahan kerang rebus berbumbu khas Jepara
Jajanan-jajanan lain khas Jepara menyerupai Pindang Serani, Soto Jepara, Soto Bumbu, Sop Udang, Sop Pangsit Jepara, Opor Panggang, Bongko Mento, Singit, Semur Jepara, Lontong Krubyuk, Sate, Adon-Adon Coro, Es Gempol Pleret, ice cream, kopi, susu, es dawet, aneka jajan pasar dan masih banyak lagi

Sebenarnya masih banyak lagi Wisata Belanja di Kota Jepara, maaf jika hanya sebagian yang dimuat, silahkan ditambah ……
Wisata Alam di Jepara KLIK DI SINI